Senin, 29 Oktober 2012

MEMBUKUKAN DATA MUTASI UTANG KE KARTU UTANG



a.       Dokumen Mutasi Utang
Seperti yang kita ketahui , bahwa catatan akuntansi untuk mengelola utang adalah kartu utang, jurnal pembelian, dan jurnal pengeluaran kas. Seperti halnya dengan piutang dagang, perusahaan juga membutuhkan catatan yang menunjukkan utang kepada masing – masing kreditor (orang yang member utang). Untuk itu perlu disdiakan rekening control, yang disebut utang dagangdi buku besar dan rekening  - rekening utang kepada masing – masing kreditor dalam buku pembantu utang ( Kartu Utang). Jadi untuk satu kreditor disediakan satu buku pembantu utang. Dasar didalam kartu utang ini adalah jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas.

JURNAL PEMBELIAN
Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit. Jurnal pembelian yang sederhana hanya memiliki satu kolom jumlah rupiah, seperti halnya jurnal penjualan. Jurnal pembelian juga dapat dirancang untuk mencatat pembelian perlengkapan (tidak hanya mencatat pembelian barang dagangan).

JURNAL PENGELUARAN KAS
Buku jurnal pengeluaran kas berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran atau pembayaraan melalui kas, yang meliputi pembayaran dengan uang tunai dan pembayaran dengan cara menyerahkan cekatau bilyet girokepada pihak yang berhak menerima.
Jurnal pengeluaran kas disusun dalam bentuk lajur lajur yang disesuaikan dengan keperluan yang berhubungan dengan volume dan sifat transaksi yang biasa terjadi dalam perusahaan, misalnya dalam perusahaan sering membuka transaksi utang, maka akan dibuka kolom utang sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar