Minggu, 04 November 2012

PENGERTIAN AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR - Pengertian


Kegiatan usaha pokok perusahaan manufaktur adalah mengolah bahan baku hingga menjadi produk yang siap untuk dijual, kemudian menjual produk yang dihasilkannya untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan / laba yang diperoleh perusahaan manufaktur, pada dasarnya adalah selisih antara hasil penjualan dan beban usaha lainnya.

Dalam perusahaan manufaktur, barang yang dijual adalah barang yang dibuat sendiri sehingga harga pokoknya bergantung kepada biaya – biaya yang dikeluarkan untuk pembuatannya. Biaya – biaya yang bersangkutan kemudian dikenal dengan biaya produksi. 

Pengikhtisaran biaya pembuatan produk merupakan bidang khusus dalam akuntansi yang disebut dengan akuntansi biaya (cost accounting).

Akuntansi biaya, kegiatannya meliputi pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan transaksi – transaksi yang menyangkut biaya pembuatan produk. Kegiatannya bertujuan untuk menyediakan laporan biaya produksi untuk memenuhi kepentingan manajemen, antara lain informasi mengenai harga pokok produk yang dihasilkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar